4 Tips Membawa Bayi Dalam Perjalanan Jauh

Simak beberapa tips yang telah kami sediakan bagi orang tua yang akan membawa bayi mereka dalam perjalanan jauh.

Ryan Andrejavier
Selasa, 24 Mei 2022 | 16:15 WIB
4 Tips Membawa Bayi Dalam Perjalanan Jauh
Pixabay

Membawa bayi dalam perjalanan jauh menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orang tua. Sebagai orang tua, kita harus memberikan perhatian khusus untuk bayi kita. Namun ketika kita sedang dalam perjalanan jauh, mengurus bayi akan jauh lebih sulit dikarenakan keterbatasan tempat dan kebutuhan serta kita terpaksa untuk membagi fokus kita secara lebih untuk perhatian si bayi.

Baik ketika kita melakukan perjalanan menggunakan mobil, bus, kereta, kapal hingga pesawat terbang, kita harus mempersiapkan segala kebutuhan bayi kita. Tidak hanya bayi kita saja yang membutuhkan kenyamanan dalam perjalanan, kita sebagai orang tua juga pastinya ingin mendapatkan kenyamanan selama perjalanan jauh.

Apabila kita sebagai orang tua ingin kenyamanan dan keamanan selama perjalanan jauh, kita harus mempersiapkan dan mengantisipasi segala hal apabila bayi kita menginginkan sesuatu. Berikut adalah tips-tips yang akan kami bagikan ketika membawa bayi dalam perjalanan jauh:

1.Perhatikan Jadwal dan Durasi Perjalanan

Hal pertama yang dapat kita lakukan ketika membawa bayi dalam perjalanan jauh adalah dengan memperhatikan jadwal dan durasi perjalanan. Buatlah waktu kita se-fleksibel mungkin agar kita tidak perlu terburu-buru. Umumnya, membawa bayi ketika perjalanan jauh membutuhkan waktu yang lebih lama.

Berikan jeda istirahat di tengah perjalanan kepada bayi, karena daya tahan tubuh bayi yang rentan ketika sedang dalam perjalanan jauh. Apabila memungkinkan, lakukanlah perjalanan dengan menyesuaikan jam tidur bayi. Bayi yang tertidur pulas tentunya tidak akan rewel dan mengurangi kesulitan kita ketika sedang dalam perjalanan jauh.

2.Mempersiapakan Peralatan Bayi

Tips berikutnya adalah dengan mempersiapkan dan membawa peralatan khusus perjalanan untuk buah hati kita. Persiapkan baju dan celana ganti, popok, mainan, selimut, obat-obatan, botol air, dot, bantal kecil, apron menyusui serta susu bayi. Kita juga dapat mempersiapkan stroller ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat atau kapal, atau mempersiapkan car seat untuk bayi ketika melakukan perjalanan menggunakan mobil.

Pastikan peralatan yang kita bawa dapat di jangkau dan di keluarkan dengan mudah ketika bayi kita membutuhkan sesuatu. Hal ini sangat penting dilakukan, pasalnya banyak orang tua yang terlalu menyepelekan tata letak peralatan bayi sehingga mempersulit orang tua untuk menenangkan bayi.

3. Prioritaskan Kenyamanan Bayi

Kenyamanan bayi sangatlah penting ketika dalam perjalanan jauh, tentu kita tidak mau bayi kita merasa gelisah. Ketika bayi merasa gelisah, bayi akan menangis dan hal tersebut akan mempersulit perjalanan kita. Buatlah bayi senyaman mungkin untuk menghindari hal-hal yang dapat merepotkan kita.

Jangan terlalu memaksakan perjalanan ketika bayi kita sudah merasa lelah, berikan jeda istirahat agar kita tidak kerepotan dalam perjalanan. Persiapkan bantal, selimut dan mainan kesukaan buah hati kita agar ia merasa nyaman dalam perjalanan. Semakin nyaman bayi kita, semakin mudah dan cepat perjalanan kita.

4. Tetap Tenang

Tips terakhir dan tidak kalah penting yaitu tetap tenang dalam segala kondisi. Banyak dari kita yang panik ketika bayi kita dalam masalah. Tetap tenang dan jaga emosi kita ketika bayi kita merengek atau sakit secara tiba-tiba. Sebagai orang tua, sudah sewajarnya kita khawatir dengan kondisi bayi kita, akan tetapi, kita harus bisa untuk tetap tenang dan menyelesaikan masalah pada bayi kita.

Maka dari itu, agar kita tetap tenang selama perjalanan jauh membawa sang buah hati, lakukanlah tiga tips diatas terlebih dahulu agar kita bisa tetap tenang dan tidak lagi khawatir apabila buah hati kita membutuhkan sesuatu. Karena ketika kita panik, kita akan kewalahan dan justru melakukan hal yang bisa memperparah situasi bayi.

Parenting

Terkini

Pagi-pagi menemukan sebuah benjolan kecil di mata kanannya, awalnya berpikir itu jerawat, atau telah digigit serangga.

Unik | 10:40 WIB

"Efek samping pasti ada. Apa pun yang berlebihan kan tidak baik," ungkap dokter spesialis gizi klinik ini.

Hobi | 08:18 WIB

Penyakit jantung diketahui memang bisa memicu berbagai penyakit lainnya, yang telah menjadi 'pembunuh' nomor 1 di dunia.

Tips | 16:45 WIB

Dalam video tersebut, sang wanita tampak baru hendak menyantap ayam goreng krispi yang baru saja dibelinya.

Unik | 14:50 WIB

Dua masalah paling umum pada tanda penuaan di wajah adalah garis halus dan kerutan.

Hobi | 13:53 WIB

Penting bagi kita untuk menjaga kualitas tidur, supaya bukan hanya rasa kantuk yang terbayar namun kesehatan juga ikut terjaga.

Tips | 12:46 WIB

Polisi menemukan sang istri yang terikat dan dikurung bersama anak-anaknya, dalam kondisi sangat mengenaskan di tempat yang juga bobrok.

Unik | 10:35 WIB

Antara lain bahwa wangi dari bunga lavender akan membantu membuat saraf-saraf otak seseorang menjadi lebih tenang dan nyaman.

Hobi | 09:30 WIB

Dalam videonya ini, sang wanita selain memberikan tips, juga menunjukkan resep dan cara mengkreasikan mi instannya yang memiliki rasa unik dan nikmat.

Tips | 08:27 WIB

Tertera "Poligami" sebagai merek beras tersebut, serta disebut memiliki kualitas terjamin.

Unik | 23:35 WIB

Terkadang talenan alas memotong yang sudah lama digunakan bisa berubah menghitam, bahkan kadang sangat hitam.

Hobi | 23:20 WIB

Jika disimpan dengan cara yang tepat, masakan seafood tetap dapat dikonsumsi di hari-hari berikutnya.

Tips | 22:18 WIB

Kalangan pencinta alam atau sebagian generasi muda memilih menjalani momen HUT RI dengan mendaki gunung. Sudah coba 5 gunung rekomendasi ini?

Hobi | 15:32 WIB

Dalam tayangan video tersebut, terlihat seorang pria yang melangkah ke panggung pernikahan ditemani sang anak.

Unik | 14:49 WIB

Gmail biasanya bisa penuh akibat kapasitas penyimpanannya habis terpakai oleh Google Drive atau Google Photos.

Tips | 13:55 WIB
Tampilkan lebih banyak