Sering Panas Dalam? Coba Obat Alami Berikut Yang Ampuh Redakan Panas Dalam

Panas dalam memang menjadi gejala radang tenggorokan yang menyebalkan bagi kita. Namun tenang, simak dan praktikan penggunaan obat-obat alami yang ampuh redakan panas dalam.

Ryan Andrejavier
Senin, 06 Juni 2022 | 08:57 WIB
Sering Panas Dalam? Coba Obat Alami Berikut Yang Ampuh Redakan Panas Dalam
suara.com

Di tengah cuaca ekstrem yang silih berganti mulai dari panas hingga hujan lebat nyatanya dapat memunculkan berbagai macam keluhan kesehatan, salah satunya adalah panas dalam. Nyatanya panas dalam sendiri bukanlah merupakan kondisi penyakit, panas dalam hanyalah sebuah sebutan ketika kondisi tenggorokan kalian merasakan sakit serta terasa panas.

Banyak kondisi penyakit yang dapat membuat kita menderita panas dalam seperti iritasi tenggorokan, meningkatnya kadar asam lambung hingga infeksi saluran pernapasan. Kondisi-kondisi penyakit inilah yang menyebabkan gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah, sariawan, hingga periih ketika menelan.

Panas dalam sendiri dapat dicegah dengan beragam cara seperti beristirahat secara teratur, konsumsi makanan yang sehat dan juga rutin berolahraga. Akan tetapi, apabila kalian sudah terlanjur mengalami panas dalam, kalian dapat mengobati panas dalam kalian dengan obat-obat alami yang sudah kami rangkum. Berikut adalahobat-obat alami yang ampuh bagi kalian untuk meredakan panas dalam:

1. Madu

Menurut beberapa penelitian, madu merupakan obat alami yang ampuh untuk mengatasi masalah tenggorokan, salah satunya adalah panas dalam. Ketika kalian mengalami sakit tenggorokan, merasakan panas di dalam tenggorokan dan juga bibir kering, dianjurkan bagi kalian untuk mengonsumsi madu murni.  

Selain untuk masalah tenggorokan, madu merupakan salah satu obat mujarab untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cara mengolesnya di area bibir.

2. Air Garam

Obat alami berikutnya adalah dengan menggunakan air garam. Larutan garam dapat mengatasi dan meredakan sakit tenggorokan maupun sariawan yang memicu panas dalam dengan cara berkumur-kumur menggunakannya. 

Pertama-tama kalian dapat mencampurkan garam sebanyak 1 sdt ke dalam segelas air putih hangat, berikutnya kalian dapat berkumur menggunakan larutan garam tersebuh sembari mendongakan kepala kalian. Lakukan selama kurang lebih 30 detik, lalu buang airnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian dapat mengulangi cara tersebut selama beberapa jam sekali. 

3. Air Putih

Memang salah satu obat alami berikut ini terdengar sangat umum karena kalian pasti akan meminum air putih setiap harinya. Akan tetapi, yang perlu kalian garis bawahi adalah beberapa gejala panas dalam seperti tenggorokan yang kering dan juga bibir pecah-pecah ternyata disebabkan oleh dehidrasi. 

Minum air putih secara teratur setiap harinya dapat menghilangkan dehidrasi tersebut dan mengobati panas dalam yang kalian alami. Oleh karena itu, pastikan kalian cukup mengonsumsi air putih dan usahakan untuk minum 8-10 gelas air putih setiap harinya. 

4. Jeruk

Buah yang populer dengan warna jingga yang satu ini merupakan salah satu buah-buahan terbaik untuk mengobati panas dalam yang kalian alami. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah jeruk dapat meredakan berbagai macam penyebab panas dalam seperti asam lambung yang naik dan juga radang tenggorokan.

Kalian dapat mengonsumsi buah jeruk baik secara langsung dengan cara mengupasnya atau dengan memerasnya dan meminum air perasan dari buah jeruk tersebut.

5. Cuka Apel

Obat alami berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel sebagai penghilang panas dalam. Cuka apel memiliki khasiat yang tinggi serta menjadi obat alami yang dapat melawan bakteri serta virus di dalam tubuh.

Kalian dapat encerkan 2 sdm cuka apel ke dalam secangkir air dan gunakan cuka apel tersebut sebagai obat kumur. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali dalam kurun satu jam untuk hasil yang maksimal.

Tips

Terkini

Pagi-pagi menemukan sebuah benjolan kecil di mata kanannya, awalnya berpikir itu jerawat, atau telah digigit serangga.

Unik | 10:40 WIB

"Efek samping pasti ada. Apa pun yang berlebihan kan tidak baik," ungkap dokter spesialis gizi klinik ini.

Hobi | 08:18 WIB

Berikut daftar makanan sehat yang baik untuk meningkatkan memori anak, yang bisa diperhatikan dan dipedomani oleh para orang tua.

Parenting | 15:49 WIB

Dalam video tersebut, sang wanita tampak baru hendak menyantap ayam goreng krispi yang baru saja dibelinya.

Unik | 14:50 WIB

Dua masalah paling umum pada tanda penuaan di wajah adalah garis halus dan kerutan.

Hobi | 13:53 WIB

Diungkapkan oleh dokter spesialis anak ini, terdapat beberapa hal yang bisa membuat anak gagal tumbuh.

Parenting | 11:40 WIB

Polisi menemukan sang istri yang terikat dan dikurung bersama anak-anaknya, dalam kondisi sangat mengenaskan di tempat yang juga bobrok.

Unik | 10:35 WIB

Antara lain bahwa wangi dari bunga lavender akan membantu membuat saraf-saraf otak seseorang menjadi lebih tenang dan nyaman.

Hobi | 09:30 WIB

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa anak yang kurang tidur bisa mengalami masalah kognitif lebih lanjut.

Parenting | 07:26 WIB

Tertera "Poligami" sebagai merek beras tersebut, serta disebut memiliki kualitas terjamin.

Unik | 23:35 WIB

Terkadang talenan alas memotong yang sudah lama digunakan bisa berubah menghitam, bahkan kadang sangat hitam.

Hobi | 23:20 WIB

Makan sambil main gadget membuat anak jadi tidak meresapi cita rasa yang masuk ke dalam mulut karena fokusnya berada pada layar.

Parenting | 21:51 WIB

Kalangan pencinta alam atau sebagian generasi muda memilih menjalani momen HUT RI dengan mendaki gunung. Sudah coba 5 gunung rekomendasi ini?

Hobi | 15:32 WIB

Dalam tayangan video tersebut, terlihat seorang pria yang melangkah ke panggung pernikahan ditemani sang anak.

Unik | 14:49 WIB

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengeluarkan dahak pada anak, selain dari membawanya ke dokter.

Parenting | 12:53 WIB
Tampilkan lebih banyak