Lakukan Hal Ini Ketika Mandi Pada Malam Hari

Bagi kalian yang sering mandi pada malam hari, ikuti tips-tips berikut ini agar mandi malam kalian tidak memberikan dampak buruk pada tubuh kalian

Ryan Andrejavier
Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:02 WIB
Lakukan Hal Ini Ketika Mandi Pada Malam Hari
Pixabay

Sering kali kita beraktivitas selama belasan jam baik di dalam rumah maupun di luar rumah dan kita memilih untuk mandi pada malam hari untuk membersihkan diri kita sebelum beristirahat setelah aktivitas yang panjang.

Namun mandi pada malam hari harus di waspadai karena mandi pada malam hari dapat memberikan dampak buruk pada tubuh kita seperti rematik, flu dan menyebabkan otot-otot di tubuh menjadi kaku.

Walaupun memiliki risiko yang dapat memberikan dampak buruk pada tubuh kalian, mandi pada malam hari nyatanya juga memiliki banyak manfaat seperti mengurangi stres dan memperbaiki kulaitas tidur kalian secara optimal.

Mengutip dari situs Best Life, berikut adalah hal-hal yang harus kalian lakukan agar kalian terhindari dari risiko ketika mandi pada malam hari:

1.Hindari Mandi Dengan Temperatur Yang Ekstrem

Bagi kalian yang suka mandi dengan temperatur air yang ekstrem, mulailah untuk menghindari kebiasaan tersebut. Rachel Salas, MD, seorang ahli saraf di Johns Hopkins Center for Sleep and Wellness, mengatakan kepada The Washington Post bahwa mandi air panas atau air yang sangat dingin sebelum tidur dapat menyebabkan kualitas tidur kalian terganggu.

"Jika mandi menjelang waktu tidur dan mandinya sangat panas atau dingin, suhu tersebut dapat memengaruhi tidur kalian secara negatif," ucap Salas. Jadi usahakan untuk mandi dengan suhu yang lebih normal ketika kalian berencana untuk mandi dan segera tidur.

2.Mandi Air Hangat Beberapa Jam Sebelum Tidur

Mandi air hangat beberapa jam sebelum tidur memiliki efek yang ideal. Phyllis Zee, PhD, kepala kedokteran tidur di Universitas Northwestern, mengatakan kepada The Washington Post bahwa mandi air hangat satu hingga dua jam sebelum tidur dapat memberikan manfaat. 

Mandi air hangat akan menghangatkan tangan, kaki, dan kepala kalian yang dapat menyebabkan panas meninggalkan bagian tubuh di bagian dada dan perut. Saat panas bergerak ke anggota tubuh kalian, suhu tubuh kalian akan menurun dan dapat membantu tubuh menjadi lebih dingin.

Zee menjelaskan bahwa tubuh secara alami akan menjadi lebih dingin ketika mendekati jam tidur, proses ini dapat membantu kalian mengantuk dan tertidur lebih cepat.

3.Jangan Terlalu Lama Mandi Malam Dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat yang terlalu lama nyatanya memiliki efek buruk bagi kulit kalian. Ivy Lee, MD, seorang dokter kulit di Los Angeles, mengatakan kepada The Washington Post bahwa mandi air panas dapat mengeringkan kulit kalian. 

Lee dan ahli kulit lainnya merekomendasikan untuk mandi dalam waktu yang tidak terlalu lama yaitu tidak lebih dari 10 menit dengan air yang bersuhu sama dengan ruangan.

Usahakan untuk tidak berlama-lama di dalam kamar mandi agar kulit kalian tidak kering dan menyebabkan atau bahkan memperparah masalah-masalah kulit seperti ruam dan jerawat.

Tips

Terkini

BLACKPINK telah merilis tanggal comeback terbaru di ulang tahun ke-6 mereka. Simak ulasan berikut ini

Hobi | 08:42 WIB

Pagi-pagi menemukan sebuah benjolan kecil di mata kanannya, awalnya berpikir itu jerawat, atau telah digigit serangga.

Unik | 10:40 WIB

"Efek samping pasti ada. Apa pun yang berlebihan kan tidak baik," ungkap dokter spesialis gizi klinik ini.

Hobi | 08:18 WIB

Berikut daftar makanan sehat yang baik untuk meningkatkan memori anak, yang bisa diperhatikan dan dipedomani oleh para orang tua.

Parenting | 15:49 WIB

Dalam video tersebut, sang wanita tampak baru hendak menyantap ayam goreng krispi yang baru saja dibelinya.

Unik | 14:50 WIB

Dua masalah paling umum pada tanda penuaan di wajah adalah garis halus dan kerutan.

Hobi | 13:53 WIB

Diungkapkan oleh dokter spesialis anak ini, terdapat beberapa hal yang bisa membuat anak gagal tumbuh.

Parenting | 11:40 WIB

Polisi menemukan sang istri yang terikat dan dikurung bersama anak-anaknya, dalam kondisi sangat mengenaskan di tempat yang juga bobrok.

Unik | 10:35 WIB

Antara lain bahwa wangi dari bunga lavender akan membantu membuat saraf-saraf otak seseorang menjadi lebih tenang dan nyaman.

Hobi | 09:30 WIB

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa anak yang kurang tidur bisa mengalami masalah kognitif lebih lanjut.

Parenting | 07:26 WIB

Tertera "Poligami" sebagai merek beras tersebut, serta disebut memiliki kualitas terjamin.

Unik | 23:35 WIB

Terkadang talenan alas memotong yang sudah lama digunakan bisa berubah menghitam, bahkan kadang sangat hitam.

Hobi | 23:20 WIB

Makan sambil main gadget membuat anak jadi tidak meresapi cita rasa yang masuk ke dalam mulut karena fokusnya berada pada layar.

Parenting | 21:51 WIB

Kalangan pencinta alam atau sebagian generasi muda memilih menjalani momen HUT RI dengan mendaki gunung. Sudah coba 5 gunung rekomendasi ini?

Hobi | 15:32 WIB

Dalam tayangan video tersebut, terlihat seorang pria yang melangkah ke panggung pernikahan ditemani sang anak.

Unik | 14:49 WIB
Tampilkan lebih banyak