Anak Mulai Memasuki Usia Remaja? Ini Yang Harus Orang Tua Lakukan

Lakukan beberapa hal ini agar anak kalian siap untuk memasuki fase remaja mereka

Ryan Andrejavier
Senin, 27 Juni 2022 | 15:57 WIB
Anak Mulai Memasuki Usia Remaja? Ini Yang Harus Orang Tua Lakukan
Pexels

Ketika anak sudah mulai memasuki usia remaja, sudah tugas orang tua untuk mulai mendidik dan membiming beberapa hal kepada anak sebelum memasuki usia remajanya.

Menurut WHO, anak-anak akan mulai masuk fase remaja mulai dari usia 12-24 tahun. Ketika anak-anak sudah mulai memasuki fase tersebut, orang tua harus siap agar sang anak dapat membangun pribadinya dengan baik.

Anak yang sudah mulai memasuki fase remaja pasti akan mulai menentang orang tua nya dan menjadi lebih keras kepala. Namun, sebagai orang tua, dianjurkan untuk tidak terlalu keras kepada anak agar mereka tidak merasa dikucilkan di dalam keluarganya sendiri.

Banyak hal yang harus orang tua lakukan agar anak siap memasuki fase remaja, berikut adalah hal-hal yang harus orang tua lakukan ketika anak memasuki usia remaja:

1.Ajarkan Mereka Sopan Santun

Hal pertama ketika anak kalian sudah mulai memasuki fase remaja adalah dengan mengajarkan mereka sopan santun. Mulailah dari lingkungan rumah sebagai sarana mengajarkan mereka bagaimana menjadi orang yang sopan dan santun di mata orang lain.

Ajarkan anak kalian sopan santun seperti tata krama ketika sedang makan, mengucapkan terima kasih, cara berpakaian di depan umum dan menghormati orang yang lebih tua.

Ketika anak kalian menerapkan sopan santun sejak dini, bukan tidak mungkin anak kalian akan dapat tumbuh menjadi orang yang terhormat di mata masyarakat.

2.Jangan Melewati Privasi Mereka

Ketika anak sudah memasuki fase remaja, kalian sudah mulai harus menghormati privasi mereka agar mereka merasakan keamanan di lingkungan keluarga mereka.

Sebagai orang tua, kalian harus mengetahui apa saja privasi yang tidak bisa kalian lewati tanpa persetujuan dari anak kalian terlebih dahulu, semisal mengambil smartphone mereka dan membuka isi pesan mereka atau memasuki kamar mereka tanpa izin mereka.

3.Mengedukasi Anak Tentang Seks dan Narkoba

Hal berikutnya yang dapat kalian lakukan ketika anak kalian memasuki fase remaja adalah dengan mengedukasi mereka tentang seks dan narkotika.

Hal ini wajib kalian lakukan agar anak kalian tetap dalam lingkungan yang positif. Peran orang tua sangat penting dalam mendidik dan mengajarkan mereka, terutama soal bahaya seks bebas dan narkoba.

Walaupun hal terkait seks masih tabu untuk dibicarakan bersama anak, kalian tetap harus mengedukasi mereka agar anak kalian terhindar dari pengaruh negative seperti seks bebas dan bahaya narkoba.

Lebih baik untuk mengedukasi mereka sedini mungkin agar anak kalian dapat mengetahui dan menghindari bahaya dari seks bebas dan juga narkotika.

4.Ajarkan Anak Melawan Stres

Hal berikut dan salah satu yang terpenting ketika anak memasuki fase remaja adalah mengajarkan mereka melawan stres.

Ketika anak memasuki fase remaja, anak kalian akan mulai dihadapi dengan banyak hal yang dapat membuat mereka menjadi banyak pikiran dan berujung kepada beban pikiran atau stres atau bahkan terburuknya menjadi depresi.

Berikan mereka edukasi dan cara menghadapi stres agar anak kalian memiliki mental yang kuat ketika dihadapkan oleh banyak masalah yang akan mereka hadapi di masa depan.

Ajak anak kalian untuk bercerita tentang masalah yang anak kalian hadapi, bantu anak kalian mencari solusinya dan berikan mereka motivasi.

5.Memberi Tahu Sejauh Mana Batasan Pergaulan Anak

Fase remaja adalah fase yang rentan bagi anak-anak kalian yang mulai memasukinya, anak kalian akan mulai belajar banyak hal dari lingkungan di luar rumahnya.

Anak kalian akan mulai bergaul dengan banyak pribadi dan lingkungan yang berbeda mulai dari positif hingga negatif.

Edukasi mereka mengenai hal-hal yang anak kalian akan hadapi di luar lingkungan rumah seperti edukasi mengenai rokok, narkoba, alcohol dan juga seks.

Didiklah mereka dan berikan batasan sejauh mana mereka dapat bergaul di luar lingkungan rumah agar anak kalian dapat menjadi orang yang positif.

6.Jadilah Teladan Bagi Anak

Hal terakhir yang dapat kalian lakukan ketika anak mulai memasuki fase remaja adalah menjadi teladan yang baik dan di hormati oleh anak.

Tunjukan kepada anak bahwa kalian bukanlah musuh bagi anak-anak ketika di usia remaja. Jadilah contoh yang baik bagi anak-anak kalian.

Apabila kalian menginginkan anak kalian menjadi pribadi yang kuat, gigih dan juga sabar, tunjukan kepada mereka bagaimana menjadi kuat, gigih dan sabar agar anak dapat mencontoh kalian dan menjadikan kalian teladan dan inspirasi bagi mereka.

Parenting

Terkini

Pagi-pagi menemukan sebuah benjolan kecil di mata kanannya, awalnya berpikir itu jerawat, atau telah digigit serangga.

Unik | 10:40 WIB

"Efek samping pasti ada. Apa pun yang berlebihan kan tidak baik," ungkap dokter spesialis gizi klinik ini.

Hobi | 08:18 WIB

Penyakit jantung diketahui memang bisa memicu berbagai penyakit lainnya, yang telah menjadi 'pembunuh' nomor 1 di dunia.

Tips | 16:45 WIB

Dalam video tersebut, sang wanita tampak baru hendak menyantap ayam goreng krispi yang baru saja dibelinya.

Unik | 14:50 WIB

Dua masalah paling umum pada tanda penuaan di wajah adalah garis halus dan kerutan.

Hobi | 13:53 WIB

Penting bagi kita untuk menjaga kualitas tidur, supaya bukan hanya rasa kantuk yang terbayar namun kesehatan juga ikut terjaga.

Tips | 12:46 WIB

Polisi menemukan sang istri yang terikat dan dikurung bersama anak-anaknya, dalam kondisi sangat mengenaskan di tempat yang juga bobrok.

Unik | 10:35 WIB

Antara lain bahwa wangi dari bunga lavender akan membantu membuat saraf-saraf otak seseorang menjadi lebih tenang dan nyaman.

Hobi | 09:30 WIB

Dalam videonya ini, sang wanita selain memberikan tips, juga menunjukkan resep dan cara mengkreasikan mi instannya yang memiliki rasa unik dan nikmat.

Tips | 08:27 WIB

Tertera "Poligami" sebagai merek beras tersebut, serta disebut memiliki kualitas terjamin.

Unik | 23:35 WIB

Terkadang talenan alas memotong yang sudah lama digunakan bisa berubah menghitam, bahkan kadang sangat hitam.

Hobi | 23:20 WIB

Jika disimpan dengan cara yang tepat, masakan seafood tetap dapat dikonsumsi di hari-hari berikutnya.

Tips | 22:18 WIB

Kalangan pencinta alam atau sebagian generasi muda memilih menjalani momen HUT RI dengan mendaki gunung. Sudah coba 5 gunung rekomendasi ini?

Hobi | 15:32 WIB

Dalam tayangan video tersebut, terlihat seorang pria yang melangkah ke panggung pernikahan ditemani sang anak.

Unik | 14:49 WIB

Gmail biasanya bisa penuh akibat kapasitas penyimpanannya habis terpakai oleh Google Drive atau Google Photos.

Tips | 13:55 WIB
Tampilkan lebih banyak