8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Ingin Ke Luar Negeri

Tidak hanya paspor saja yang harus kalian persiapkan ketika ingin ke luar negeri, masih banyak hal lain yang harus dilakukan agar perjalanan kalian lancar. Simak artikel berikut ini

Ryan Andrejavier
Sabtu, 02 Juli 2022 | 12:15 WIB
8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Ingin Ke Luar Negeri
Pexels

Banyak orang yang berpergian ke luar negeri dengan berbagai tujuan, mulai dari liburan, mengurus pekerjaan sampai menuntut ilmu.

Namun, apabila kalian baru berpergian ke luar negeri, mungkin kalian akan kebingungan dan merasa ketakutan apabila kalian tidak mempersiapkan beberapa hal yang diperlukan.

Tidak seperti perjalanan domestik, perjalanan ke luar negeri akan membutuhkan banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari sebelum keberangkatan hingga sampai perjalanan pulang.

Demi kenyamanan dan keamanan ketika kalian berpergian ke luar negeri, berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri:

1. Paspor

Hal pertama yang tentunya harus kalian persiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri adalah mempersiapkan paspor.

Apabila kalian tidak mempersiapkan paspor kalian, maka kalian tidak akan diijinkan untuk masuk negara tujuan kalian.

Paspor sangat penting bagi kalian karena sebagai dokumen verifikasi kalian ketika masuk ke dalam suatu negara. Maka dari itu penting sekali bagi kalian untuk mempersiapkan paspor ketika ingin ke luar negeri.

2. Visa

Hal berikutnya yang harus kalian persiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri adalah mempersiapkan visa, khusus untuk negara-negara yang tidak memiliki perjanjian visa dengan negara asal.

Ada beberapa negara yang tidak memerlukan visa. Akan tetapi, apabila negara tujuan kalian tidak memiliki perjanjian visa, maka kalian harus mengajukan permohonan visa terlebih dahulu sebelum berpergian ke negara tujuan kalian.

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu apakah negara tujuan kalian memiliki perjanjian visa dengan negara asal agar kalian dapat berpergian dengan lancar tanpa harus kerepotan setelahnya.

3.Kartu Kredit dan Kartu Debit

Hal berikutnya yang harus kalian persiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri adalah dengan mempersiapkan kartu kredit dan kartu debit.

Ketika kalian berpergian ke luar negeri tentu kalian akan memerlukan uang tunai. Namun, dengan menyimpan uang tunai dengan jumlah besar di dompet kalian tentu akan sangat rawan kehilangan.

Cara mengantisipasinya adalah dengan mempersiapkan kartu kredit dan kartu debit untuk bertransaksi di negara tujuan kalian. 

Pastikan terlebih dahulu apakah kartu kredit dan kartu debit kalian dapat digunakan di negara tujuan kalian, jika tidak maka kartu kredit dan kartu debit kalian tidak akan berguna.

4. Uang Tunai

Hal berikutnya yang harus kalian persiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri adalah dengan mempersiapkan uang tunai yang telah ditukarkan sesuai dengan mata uang negara tujuan kalian.

Membawa uang tunai akan memudahkan kalian melakukan transaksi-transaksi tertentu seperti di pasar tradisional di negara tujuan kalian atau keadaan mendadak yang memerlukan transaksi uang tunai.

Tukarkan uang kalian secukupnya saja agar kalian tidak berpergian dengan jumlah uang tunai yang besar di kantong kalian.

5.Obat-Obatan

Hal berikutnya yang harus kalian persiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri adalah dengan mempersiapkan obat-obatan.

Obat-obatan yang kalian persiapkan dari awal kepergian sangat diperlukan bagi kalian yang ingin berliburan di luar negeri. 

Alasannya adalah terdapat beberapa obat-obatan yang mungkin diperlukan oleh kalian yang memiliki riwayat medis tertentu atau kemungkinan tidak cocoknya obat-obatan yang ada di negara tujuan kalian.

6.Itinerary

Hal berikutnya yang harus kalian persiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri adalah dengan mempersiapkan itinerary negara tujuan kalian.

Itinerary adalah rencana perjalanan serta rute tujuan kalian di negara yang kalian tuju, lengkap dengan berbagai tempat tujuan kalian selama berada di negara tersebut.

Itinerary diperlukan untuk mengorganisir dan memudahkan kalian yang kebingungan ketika kalian telah berada di negara tujuan. Dengan adanya itinerary, kalian tidak akan kebingungan menentukan tempat serta jadwal di negara tujuan kalian.

7. Sertifikat Vaksin

Hal berikutnya yang harus kalian persiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri adalah dengan mempersiapkan sertifikat vaksin.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, kalian wajib untuk vaksin terlebih dahulu sebelum berpergian ke negara tujuan kalian. Setelah kalian divaksinasi, maka kalian akan mendapatkan sertifikat vaksin.

Kalian wajib memiliki dan menunjukan sertifikat vaksin kalian, baik secara fisik maupun digital kepada pengawas bandara ketika kalian ini berpergian ke luar negeri.

Hal ini wajib dilakukakan karena setiap negara sudah menetapkan sertifikat vaksin sebagai salah satu syarat wajib untuk memasuki negara tujuan.

8.Akta Kelahiran Anak

Hal terakhir yang harus kalian persiapkan ketika kalian ingin ke luar negeri adalah dengan mempersiapkan akta kelahiran anak.

Akta kelahiran anak merupakan dokumen penting yang harus kalian bawa, teruntuk bagi kalian yang mengajak anak-anak dibawah umur.

Akta kelahiran anak penting untuk beberapa hal tertentu di negara tujuan kalian karena akta kelahiran anak akan wajib untuk ditunjukan di beberapa tempat di negara tujuan.

Tips

Terkini

Pagi-pagi menemukan sebuah benjolan kecil di mata kanannya, awalnya berpikir itu jerawat, atau telah digigit serangga.

Unik | 10:40 WIB

"Efek samping pasti ada. Apa pun yang berlebihan kan tidak baik," ungkap dokter spesialis gizi klinik ini.

Hobi | 08:18 WIB

Berikut daftar makanan sehat yang baik untuk meningkatkan memori anak, yang bisa diperhatikan dan dipedomani oleh para orang tua.

Parenting | 15:49 WIB

Dalam video tersebut, sang wanita tampak baru hendak menyantap ayam goreng krispi yang baru saja dibelinya.

Unik | 14:50 WIB

Dua masalah paling umum pada tanda penuaan di wajah adalah garis halus dan kerutan.

Hobi | 13:53 WIB

Diungkapkan oleh dokter spesialis anak ini, terdapat beberapa hal yang bisa membuat anak gagal tumbuh.

Parenting | 11:40 WIB

Polisi menemukan sang istri yang terikat dan dikurung bersama anak-anaknya, dalam kondisi sangat mengenaskan di tempat yang juga bobrok.

Unik | 10:35 WIB

Antara lain bahwa wangi dari bunga lavender akan membantu membuat saraf-saraf otak seseorang menjadi lebih tenang dan nyaman.

Hobi | 09:30 WIB

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa anak yang kurang tidur bisa mengalami masalah kognitif lebih lanjut.

Parenting | 07:26 WIB

Tertera "Poligami" sebagai merek beras tersebut, serta disebut memiliki kualitas terjamin.

Unik | 23:35 WIB

Terkadang talenan alas memotong yang sudah lama digunakan bisa berubah menghitam, bahkan kadang sangat hitam.

Hobi | 23:20 WIB

Makan sambil main gadget membuat anak jadi tidak meresapi cita rasa yang masuk ke dalam mulut karena fokusnya berada pada layar.

Parenting | 21:51 WIB

Kalangan pencinta alam atau sebagian generasi muda memilih menjalani momen HUT RI dengan mendaki gunung. Sudah coba 5 gunung rekomendasi ini?

Hobi | 15:32 WIB

Dalam tayangan video tersebut, terlihat seorang pria yang melangkah ke panggung pernikahan ditemani sang anak.

Unik | 14:49 WIB

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengeluarkan dahak pada anak, selain dari membawanya ke dokter.

Parenting | 12:53 WIB
Tampilkan lebih banyak